foto1
Program Studi Terakreditasi "B"
foto1
HIMAFisika
foto1
Laboratorium Fisika
foto1
Kuliah Lapangan & Kuliah Umum Prodi Fisika
foto1
Pengabdian Masyarakat

Login Form

ON-MIPA PT Tahun 2019


              Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang cepat harus menjadi peluang sekaligus tantangan untuk mahasiswa mengembangkan keilmuannya secara utuh. Kegiatan ON-MIPA diharapkan dapat diperoleh prestasi mahasiswa dan masukan untuk perbaikan mutu pendidikan tinggi khususnya di bidang MIPA serta ajang atau sarana promosi dalam rangka meningkatkan daya tarik bidang studi, pelajaran atau mata kuliah Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi di masyarakat. Dalam rangka mendorong peningkatan prestasi mahasiswa, kemampuan akademik, wawasan dan kecintaan mahasiswa terhadap bidang studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta peningkatan kualitas perguruan tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan berbagai kegiatan fasilitasi yang salah satunya adalah Olimpiade Nasional bidang Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT).

 Pelaksanaan ON MIPA-PT Tahun 2019 dilakukan dalam tiga tahap seleksi. Tahap I tingkat perguruan tinggi,Tahap II di tingkat wilayah oleh LLDIKTI untuk menentukan mahasiswa terbaik yang akan berkompetisi di Tahap III (Nasional) sesuai kuota masing-masing wilayah. Sebelum dilaksanakan pemilihan tingkat perguruan tinggi, prodi pendidikan fisika STKIP PGRI Sumatera Barat memberikan bimbingan khusus selama 2 bulan  bagi mahasiswa, Materi yang diberikan berkaitan dengan materi ON-MIPA seperti fisika kuantum, fisika modren, fisika statistik, mekanika dan termodinamika.  Ini bertujuan untuk memberikan bekal bagi calon peserta dalam menghadapi seleksi nantinya. Selama masa training mahasiswa dibimbing oleh dosen- dosen pengampu matakuliah. Karena terbatasnya kuota peserta yang bisa mengikuti  ON-Mipa Tingkat wilayah maka dilakukan seleksi tahap I ditingkat perguruan tinggi. Dari hasil seleksi ini terpilih 4 orang mahasiswa yang dapat lolos ke tingkat wiayah, yaitu para peserta yang memiliki nilai tertinggi.

Pelaksanan ujian tahap II dilaksanakan di kampus STMIK-AMIK Riau di Pekanbaru pada tanggal 26-27 Maret 2019 yang diikuti oleh peserta dari kampus PTN dan PTS yang ada di provinsi Sumatera Barat, Jambi, Riau dan Kepri. Dari kampus STKIP PGRI Sumatera Barat kami mengutus 12 orang peserta yang terdiri dari 4 orang mahasiswa mewakili tiap prodi Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi. Kami berharap semua peserta dapat lolos mewakili kampus STKIP PGRI Sumatera barat tahap selanjutnya amiinnn.