foto1
Program Studi Terakreditasi BAN-PT
foto1
HIMAFisika
foto1
Laboratorium Fisika
foto1
Kuliah Lapangan & Kuliah Umum Prodi Fisika
foto1
Pengabdian Masyarakat

Login Form

Sejarah Program Studi Pendidikan Fisika STKIP PGRI Sumatera Barat

Program Studi Pendidikan Fisika adalah salah satu program studi yang ada di STKIP PGRI Sumatera Barat. Program studi ini dibuka sejak tahun 2013 berdasarkan izin menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 262/E/O/2013 tanggal 2 Juli 2013untuk Program Sarjana S1, yang menyiapkan guru fisika yang berwenang penuh mengajar pada SMP dan SMA.

Program Studi Pendidikan Fisika telah merumuskan visi dan misi yang jelas dan realitas. Visi Program Studi Pendidikan Fisika menjadi program studi terkemuka di bidang pendidikan fisika dan kompetitif secara Nasional di Tahun 2018. Rumusan visi ini telah dituangkan dalam misi, tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan Fisika. Untuk mencapai visi tersebut, Program Studi Pendidikan Fisika mempunyai misi yakni : (1) menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi yang selaras dengan visi Program Studi Pendidikan Fisika STKIP PGRI Sumatera Barat; (2) mengembangkan penelitian dan pengabdian di bidang pendidikan dan pengajaran serta bidang lain sesuai dengan keilmuan Program Studi Pendidikan Fisika STKIP PGRI Sumatera Barat; (3) mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) yang dilandasi profesionalisme; (4) mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga / instansi terkait dengan stakeholders untuk keberlanjutan pelaksanaan Program Studi Pendidikan Fisika; dan (5) menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Fisika yang akuntabel, efisien, efektif, transparan dan mandiri.

Sejalan dengan visi Program Studi Pendidikan Fisika yang menjangkau jauh ke depan, tuntutan untuk menjadi Program Studi Pendidikan Fisika yang kompetitif secara nasional masih merupakan tantangan yang harus diwujudkan. Upaya untuk mewujudkannya, Program Studi Pendidikan Fisika berkomitmen untuk meningkatkan pengabdian dan memberikan pelayanan yang terbaik.

Program Studi Pendidikan Fisika selalu berusaha merencanakan pengembangan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing, mengevaluasi diri untuk menyiapkan lulusan yang berdaya saing tinggi baik di tingkat regional, nasional, bahkan internasional. Dalam lima tahun ke depan Program Studi Pendidikan Fisika akan melakukan pengembangan yang berfokus pada (1) pengembangan sistem manajemen dan administrasi, (2) pengembangan iklim kehidupan, (3) peningkatan mutu dan relevansi, (4) perluasan akses, (5) peningkatan kerjasama, (6) Pengembangan ketenagaan, dan (7) peningkatan sarana dan prasarana.